Kesehatan

HPL Sudah Dekat? Kenali Tanda-Tanda Melahirkan Selain Kontraksi

HPL Sudah Dekat? Kenali Tanda-Tanda Melahirkan Selain Kontraksi

Sedang menunggu persalinan? Anda harus segera mengetahui apa saja tanda-tanda melahirkan jika HPL (Hari Perkiraan Lahir) sudah dekat. Dengan memahami berbagai tanda tersebut, Anda bisa menangani dengan sigap. Persalinan akan berjalan lancar karena ada tindakan sigap dalam merespon gejala dan kesiapan mental ibu. Selain kontraksi, inilah tanda melahirkan lainnya.

  1. Rasa Nyeri di Selangkangan

Persiapan melahirkan sudah secara alamiah disiapkan oleh tubuh. Saat mendekati persalinan, terdapat pembukaan atau longgarnya persendian dan jalan lahir. Selama periode kehamilan, hormon relaxin akan membuat persendian lebih longgar.

Alhasil, terdapat rasa nyeri di selangkangan saat mendekati persalinan. Persendian yang semakin melonggar ini memicu terbukanya pelvis untuk memudahkan bayi keluar lewat jalan lahir. Pembukaan tersebut juga berlangsung dengan tahapan.

2. Nyeri dan Sakit di Punggung Lebih Intens

Nyeri akibat kram di area pinggul dan sakit di bagian panggul yang lebih intens merupakan dua dari sekian banyak tanda melahirkan. Meskipun hal ini bisa dialami selama kehamilan, namun kram dan sakit punggung ini terjadi dalam waktu singkat dan lebih sakit saat mendekati waktu melahirkan. Hal tersebut dikarenakan sendi dan otot meregang untuk membuka jalan lahir.

3. Keluarnya Flek

Tanda berikutnya adalah keluarnya flek dari vagina berupa lendir tebal. hal ini terjadi saat persalinan hanya tinggal menghitung jam. Lendir kental dan tebal ini merupakan pengunci leher rahim yang melindungi si kecil dari dunia luar. Apabila lendir ini sudah keluar dan disertai flek semakin berwarna merah, maka persalinan sudah semakin dekat.

4. Air Ketuban Pecah

Pecahnya air ketuban menjadi tanda yang lebih intens bahwa segera tiba masa melahirkan. tanda final ini harus disikapi dengan tanggap agar jangan sampai terlambat menangani kelahiran yang sebentar lagi terjadi. Meskipun demikian, terdapat kasus tertentu yang air ketubannya belum pecah karena satu dan lain hal.

5. BAB Encer

BAB yang lebih encer termasuk tanda melahirkan yang perlu disadari. Hal ini terjadi dikarenakan otot usus besar ikut rileks karena efek persiapan persalinan. Kondisi ini menyebabkan Anda lebih sering mulas atau sakit perut dan berakibat pada BAB yang encer seperti diare.

6. Merasa Sangat Lelah

Kelelahan juga menjadi tanda melahirkan yang menyertai. Anda lelah karena bolak balik ke kamar mandi untuk buang air kecil dan BAB. Selain itu, beban janin juga semakin berat yang disertai rasa sakit dan kram yang dirasakan juga memicu rasa lelah. Energi yang semakin berkurang menyebabkan lelah. Oleh karena itu, tetap jaga kesehatan dan asupan sehat sebelum melahirkan.

Selain kontraksi, semua tanda-tanda melahirkan di atas memang harus diketahui guna dapat memberikan penanganan optimal. Jangan sampai terlambat menangani demi keselamatan dan kesehatan ibu dan bayi. Poin pentingnya, persiapkan mental jelang persalinan agar semakin kuat dan berpikir positif yang dapat menunjang kelancaran persalinan.