Kesehatan

7 Kandungan Penting yang Terdapat pada Susu Formula

Kandungan Penting yang Terdapat pada Susu Formula

Susu formula menjadi salah satu pilihan cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. Anda bisa beli susu bayi yang tepat dengan mudah karena ada banyak pilihan produk tersedia. Agar bisa memberikan nutrisi yang lengkap bagi anak, berikut adalah 7 kandungan penting yang harus diperhatikan sebelum membeli susu formula.

  1. Lemak

Susu formula memiliki kandungan lemak yang cukup besar. Lemak memang menjadi salah satu jenis gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh bayi. Lemak dibutuhkan agar bayi bisa bertumbuh dengan optimal. Selain itu, lemak juga menjadi sumber energi dan sumber kalori bagi si kecil.

  1. Protein

Jelas sekali bahwa susu formula memiliki kandungan protein. Jenis protein yang ada pada susu formula juga bisa bervariasi yaitu protein hewani dari susu sapi dan protein nabati dari kacang kedelai. Protein ini memiliki fungsi penting dalam pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

  1. DHA dan ARA

Susu formula memiliki kandungan yang bisa membantu mengoptimalkan perkembangan kecerdasan si kecil. Fungsi ini dijalankan oleh kandungan susu formula berupa DHA dan ARA yang merupakan asam lemak omega-3. DHA dan ARA bisa membantu si kecil tumbuh dengan cerdas.

  1. Karbohidrat

Salah satu kandungan penting yang bisa didapatkan dari susu formula adalah karbohidrat. Kandungan ini akan membantu si kecil merasa kenyang setelah meminum susu formula. Selain itu karbohidrat juga akan membantu memenuhi kebutuhan energi si kecil  sehingga ia bisa bertumbuh dan berkembang dengan baik.

Karbohidrat yang ada pada susu formula adalah laktosa. Di dalam tubuh, laktosa akan dipecah menjadi galaktosa dan laktosa. Selain menjadi sumber energi, karbohidrat ini juga akan membantu mengoptimalkan perkembangan sistem syaraf serta otak anak Anda.

  1. Zat Besi

Kandungan gizi yang satu ini sangatlah penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Zat besi akan membantu mencegah munculnya anemia sehingga si kecil selalu sehat dan bisa berkembang dengan optimal. Susu formula menjadi salah satu sumber zat besi yang bisa diberikan pada si kecil.

  1. Probiotik dan Prebiotik

Kesehatan pencernaan si kecil bisa dijaga dengan adanya asupan probiotik dan prebiotik yang mencukupi. Susu formula mengandung probiotik dan prebiotik yang merupakan bakteri baik penjaga kesehatan usus si kecil.

  1. Kalsium dan Fosfor

Kedua kandungan nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Di masa pertumbuhannya, si kecil membutuhkan nutrisi yang bisa mengoptimalkan kesehatan tulang serta gigi. Selain kalsium dan fosfor, susu formula juga memiliki kandungan vitamin D dan magnesium yang dibutuhkan tulang dan gigi.

Itulah tadi 7 kandungan gizi penting yang ada pada susu formula. Orang tua kini bisa mendapatkan produk susu formula yang tepat di toko perlengkapan bayi. Pastikan untuk memilih susu formula terbaik bagi si kecil. Dapatkan saran dan petunjuk dari tenaga kesehatan sebelum memberi susu formula untuk anak Anda.